Pengertian Microsoft Word 2010
Microsoft Office Word adalah program yang dibuat oleh Microsoft di bidang Office yang digunakan dalam pengelolahan kata. Microsoft tidak hanya mengerluarkan program pengelolahan angka tetapi juga membuat program pengelolahan kata yaitu Microsoft Excel. Microsoftt Word 2010 merupakan produk versi 2010 dari paketan Microsoft office.
1. Menu File
Menu file berfungsi untuk mengatur file dokumen seperti menyimpan, membuka, mengatur kertas dokumen, dsb.
a. New : Membuat file yang baru
b. Open : Membuka File yang pernah kita buat
c. Close : Menutup file yang sedang kita buka
d. Save : Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah kita simpan dan telah diberi nama
e. Save As : Menyimpan file yang baru dalam hal ini kita perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file tersebut
f. Save as Web Page : Menyimpan dokumen sebagai halaman web
g. Web page Preview : Preview halaman web
h. Page Setup : Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll
i. Print Preview : Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas
j. Print : Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas
k. Sent To : Mengirimkan dokumen
l. Properties : Melihat detail
m. Exit : Keluar dari Program Word
2. Menu Edit
Menu Edit berfungsi untuk melakukan pengeditan dokumen
a. Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah terlanjur dilaksanakan
b. Repeat Typing : Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan
c. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja
d. Copy : Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita
e. Clear : Membersihkan
f. Paste : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat
g. Paste Special : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja
h. Select All : Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita
i. Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
j. Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru secara keseluruhan
k. Go To : Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu dengan c cepat
3. Menu View
Menu View berfungsi untuk mengatur bagaimana tampilan dokumen
a. Normal : Menampilkan format teks tetapi disederhanakan halamannya sehingga mempermudah kita dalam melakukan pengetikan, dan pengeditan dokumen
b. Print Layout : Menampilkan bagaimana teks yang sesungguhnya
c. Reading Layout : Membaca dokumen halaman per halaman
d. Task Pane : Menampilkan beragam perintah cepat Word
e. Ruller : Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja kita
f. Markup : Melakukan pengaturan komentar dalam projek :
g. Headaer and Footer : Membuat judul berulang diatas (header) dan dibawah (footer)
h. Full Sscreen : Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh
i. Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen
4. Menu Insert
Menu Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
a. Break : Berganti Halaman
b. Page Number : Penomoran halaman
c. Date and Time : Menyisip waktu dan hari serta formatnya
d. Symbol : Menyisip suatu simbol
e. Footnote : Membuat catatan kaki
f. Picture : Menyisip gambar
g. Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen
h. Text Box : Menyisip teks di dalam kotak
i. File : Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita
j. Object : Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja
5. Menu Format
Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format huruf, paragraf dll
a. Font : Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen
b. Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line Spacing )
c. Bullet and Numbering : Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
d. Border and shading : Memberi border ( Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat
e. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
f. Tabs : Untuk mengatur ukuran tab
g. Drop Caps : Memperbesar huruf pertama tiap paragraf
h. Teks Direction : Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih
i. Change Case : Merubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya
j. Back Ground : Mengatur warna latar belakang lembar kerja
k. Theme : Menerapkan tema yang diinginkan
l. Styles and Formatting : Memformat jenis huruf
6. Menu Tools
Menu Tools mempunyai fungsi untuk mengatur program kerja
a. Speling and Grammar :Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
b. Research :Mencari dokumen tertentu
c. Letter and Mailing :Membuat surat dan email
d. Macro :Membuat macro, merekam, dan memproteksi makro
e. Customize :Pengaturan, penambahan, dan pengurangan jenis ikon y yang aktif yang akan digunakan dalam menu
f. Options :Melakukan pemilihan dan pengaturan metode maupun pengaturan umum
7. Menu Table
Menu Table berfungsi untuk membuat tabel dan mengatur tabel tersebut
a. Draw Table : Untuk mengeluarkan toolbars table and border
b. Insert : Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll
c. Delete : Menghapus tabel, baris dll
d. Select : Memilih suatu tabel, baris, kolom dll
e. Merge Cells : Menggabung beberapa cell tabel dalam satu cell
f. Split Cells : Memisahkan kembali Cell yang telah digabung
g. Split Table : Membagi suatu sel pada tabel
h. Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel sekaligus memformatnya
i. Auto Fit : Membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada
j. Heading rows repeat : Menggunakan judul atau Header tabel berulang
k. Convert : Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya
l. Sort : Mensorting data yang ada pada tabel
m. Formula : Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada tabel
n. Hide Gridlines : Menampilkan garis pada suatu tabel
8. Menu Windows
Menu Windows berfungsi untuk mengatur lembar kerja
a. New Window : Membuat lembar kerja window baru
b. Arrange : Menyusun dokumen-dokumen yang aktif
c. Split : Membagi lembar kerja dalam beberapa bagian
9. Menu Help
Menu help berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita yang belum tahu
Microsoft Word
a. Microsoft office Word help : Menampilkan fasilitas help yang biasa membantu kita dalam menyelesaikan masalah
Don't Forget!!!
Tips
Kesalahan fatal membuat nama blog
0 komentar:
Posting Komentar